PERATURAN PERLOMBAAN
I. Peserta Lomba
- Peserta masih berstatus siswa saat pendaftaran maupun saat lomba dengan jenjang SMA/SMK atau sederajad.2. Jumlah tim dari tiap sekolah maksimal 3 tim3. Tiap-tiap tim terdiri dari 3 peserta yang masih dalam satu sekolah yang sama.Dan setiap individu hanya boleh terdaftar dalam satu tim.4. Pendaftaran dimulai tanggal 1 September 2013 – 14 Oktober 2013.5. Jumlah tim maksimum lomba 50 tim.6. Spesifikasi robot harus sesuia dengan kriteria.(Lihat di bagian spesifikasi robot)7. Masing-masing tim membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00 yang dapat di transfer ke rekening (menyusul) atau dapat langsung daftar ke sekretariat pmsd.
II. Spesifikasi Robot
Spesifikasi
Robot:
1. Panjang maks : 20 cm
2. Lebar maks : 20 cm
3. Tinggi maks : 15 cm
4. Robot yang digunakan harus buatan sendiri tidak boleh menggunakan robot
kit semacam LEGO dan robot kit lainnya.
5. Robot tidak boleh dikendalikan dengan remote kontrol atau semacam
lainnya ,robot murni berjalan otomatis dengan batuan sensor photodiode atau
phototransistor dengan pencahayaan led.
6. Robot tidak boleh merusak permukaan lintasan
7. Nama tim atau robot tidak boleh mengandung unsur penghinaan,pelecehan
yang dapat menyinggung peserta lain.
8. Bila terjadi kesamaan nama tim maka lebih diutamakan yang pertama kali menyelesaikan adminitrasi.
9. Peserta hanya boleh menggunakan satu robot
selama perlombaan.
10. Robot mampu berorientasi terhadap pencahayaan
ruangan termasuk lampu kilat dari camera foto.(kecuali menurut dewan juri
dianggap menggangu proses perlombaan).
III. Peraturan dan Sistem Pertandingan
a)
Peraturan
1. Selama
acara berlangsung
·
Semua peserta
diwajibkan mengenakan co-card tanda peserta.
·
Peserta
mengenakan pakaian rapi dan sopan.
·
Peserta
bertanggung jawab atas barang bawaannya sendiri.
·
Menaati tata
tertib yang telah ditentukan.
·
Peserta dilarang
memasuki arena lomba tanpa ijin panitia.
·
Menjaga
kebersihan di arena.
·
Menjaga
ketertiban serta kenyamanan peserta lain.
·
Peserta dilarang
membawa barang-barang berbahaya, miras, dan merokok di lingkungan pertandingan.
·
Semua resiko yang
berhubungan dengan lintasan menjadi resiko dari peserta sebagai tantangan dalam
perlombaan.
·
Keputusan juri
dan panitia tidak dapat diganggu gugat.
2.
Sebelum bertanding
·
Peserta harus
lulus syarat administrasi.
·
Peserta harus
lulus tes spesifikasi robot.
·
Peserta dapat
menggunakan area pit stop dengan tertib untuk pengecekan kondisi robot.
·
Kerusakan robot
sebelum bertanding tidak ditanggung panitia dan diharapkan membawa peralatan
sendiri.
·
Tertib dan tidak
menggangu peserta lainnya baik yang sedang ada di arena maupun yang berada di pit
stop.
·
Semua peserta
diharapkan menyiapkan sendiri semua sumber listrik sesuai kebutuhan dan charger
untuk kebutuhan sendiri.
3.
Saat bertanding
·
Robot dijalankan
oleh satu orang perwakilan dari tiap tim di dalam arena pertandingan
·
Robot berada di
belakang garis START arena sebelum aba-aba.
·
Sistem perlombaan adalah dimulai fase penyisihan (grup) hingga
terpilih 16 tim yang berhak lanjut ke babak selanjutnya dengan system gugur (battle).
·
Selama fase penyisihan, setiap tim memiliki hak bertanding
sebanyak 2 kali.
·
Saat START tidak diperkenankan memberikan bantuan berupa
dorongan kepada robot.
·
Apabila terdapat robot yang tidak dapat berjalan saat start,
diperbolehkan memulai start kembali setelah ada persetujuan dari
panitia. Sebelum start ulang dilakukan, diberi jeda waktu untuk
perbaikan maksimal selama 1 menit sebanyak 3 kali.
·
Apabila selama 3 kali masih belum mampu berjalan maka peserta
dinyatakan gugur dalam perlombaan.
·
Robot wajib melalui semua checkpoint .
·
Robot dinyatakan finish jika bagian depan robot telah
menyentuh garis finish pada garis finish masing-masing jalur,
misal robot start di jalur start 1 (warna merah), maka robot harus finish
di garis finish 1 (warna merah).
·
Waktu yang diberikan untuk satu kali pertandingan adalah 3 menit.
·
Perlombaaan selesai jika semua robot telah dinyatakan finish atau
waktu yang diberikan telah habis atau diputuskan semua robot dianggap tidak
dapat melanjutkan perlombaan oleh wasit.
·
Panitia diharuskan meletakkan robot pada posisi terakhir yang
telah ditentukan panitia yang selanjutnya disebut reset dengan ketentuan
:
1) robot tidak dapat menemukan garis atau keluar
dari track lomba
2) robot mengambil arah yang salah
3) robot berhenti selama lebih dari 5 detik.
·
Peserta tidak diperkenankan mengganti power supply (baterai)
pada saat bertanding.
·
Keputusan juri dan panitia adalah mutlak dan tidak bisa diganggu
gugat.
4. Selesai
bertanding
·
Peserta dapat
menjaga robotnya dan membawanya ke pit stop masing-masing.
·
Peserta harus
saling berjabat tangan.
·
Peserta dapat
mengambil sertifikat ke stan registrasi setelah acara selesai.
·
Peserta harus
membersihkan semua peralatan yang dibawa dan bahan tidak pakai, sendiri.
b)
Sistem
pertandingan
1. Sistem pertandingan pada tahap penyisihan menggunakan
sistem waktu tercepat dengan mengadu 2 robot sekaligus. Waktu pemanggilan
peserta ke lapangan adalah 30 detik. Waktu yang diberikan panitia untuk satu
kali pertandingan adalah 3 menit. Waktu yang diberikan panitia untuk robot
melakukan persiapan adalah 30 detik.
2. Pada fase penyisihan, seluruh peserta akan terbagi
menjadi akan maju sesuai dengan urutan yang sudah ditentukan dan dengan raihan
point:
-
Finish : 5 poin
-
Gagal finish :
posisi checkpoint terakhir robot, misal sampai waktu yang ditentukan
habis dan peserta masih belum finish dan checkpoint terakhir
adalah di checkpoint 4, maka poin yang didapat adalah 4.
- Ket: Checkpoint harus dilewati secara berurutan sesuai jalur (dari start sampai finish).
- Ket: Checkpoint harus dilewati secara berurutan sesuai jalur (dari start sampai finish).
3. Apabila terdapat tim yang memiliki poin sama, maka tim
yang berhak berada pada posisi ranking tertinggi adalah tim dengan catatan waktu
tercepat atau checkpoint terjauh yang dicapai robot. Akan dipilih 16 tim
dengan poin tertinggi dan waktu tercepat yang akan lolos ke babak 16 besar.
4. Pada babak 16
besar hingga babak 4 besar, sistem yang digunakan adalah sistem klasemen dengan mengambil waktu tercepat mencapai finish dan jumlah point dengan mengadu 2 robot dalam satu arena. Waktu
pemanggilan peserta ke lapangan adalah 30 detik. Waktu yang diberikan panitia
untuk satu kali pertandingan adalah 3 menit. Waktu yang diberikan panitia untuk
robot melakukan persiapan adalah 30 detik.
5. Dari 16 besar akan diambil 8 tim di peringkat teratas untuk masuk 8 besar.
6. Dari 8 besar akan diambil 4 tim di peringkat teratas untuk masuk 4 besar/semifinal.
7. Pada babak semifinal sistem yang digunakan adalah battle(sistem gugur). Sebelum pertandingan peserta mengambil undian terlebih dahulu untuk menentukan lawannya. Peserta yang kalah akan masuk ke pertandingan perebutan juara 3, dan yang menang akan masuk babak final.
5. Dari 16 besar akan diambil 8 tim di peringkat teratas untuk masuk 8 besar.
6. Dari 8 besar akan diambil 4 tim di peringkat teratas untuk masuk 4 besar/semifinal.
7. Pada babak semifinal sistem yang digunakan adalah battle(sistem gugur). Sebelum pertandingan peserta mengambil undian terlebih dahulu untuk menentukan lawannya. Peserta yang kalah akan masuk ke pertandingan perebutan juara 3, dan yang menang akan masuk babak final.
IV. Spesifikasi Umum Lapangan
- Luas arena = 6x6 meter
- Lebar garis track = 1.8 cm toleransi ± 2 mm
-
Warna permukaan lapangan = Putih
- Bahan permukaan lapangan = Baliho Korea yang langsung diletakkan di atas permukaan lantai beton.
Untuk men-download track bisa di sini
TRACK FINAL Lantai2
Nb : Untuk warna track berwana hitam.
Rundown Lomba Line follower OPEN HOUSE PMSD (sementara):
10.00 - 10.30 :
Free Pactice (test track)
10.30 - 11.00 :
Pembukaan
11.00 -12.30 :
Qualifikasi I
12.30 - 13.30 :
Istirahat
13.30 - 15.00 :
Qualifikasi II
15.00 - 15.15 : setting
15.15 - 16.15 :
babak 16 besar (+perhitungan)
16.15 - 16.30 : free
practice
16.30 – 17.00 : final
17.00 – 17.30 :
penyerahan hadiah + penutup
1 komentar:
mas tracknya yg format CDR mohon segera di upload
panitia mecbot
Posting Komentar